Langsung ke konten utama

Sisi Lain Tomcat

Masih ingatkah sahabat tentang kejadian beberapa minggu terakhir di media massa? Entah itu dalam pemberitaan dimedia cetak ataupun elektronik, beberapa daerah di negeri kita ini digoncangkan dengan sebuah peristiwa yang cukup menghebohkan. Namun, untuk kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), terutama yang tinggal di asrama UMY (UNIRES), peristiwa itu adalah kejadian yang sudah biasa dialami oleh mereka.
Sahabat tentunya sudah pada kenal dan pernah mendengar tentang seekor binatang atau serangga yang bernama Tomcat atau kalau anak UNIRES putri menyebutnya serangga Blaster (lebih keren nama yang dikasih anak UNIRES ya..^_^). Kenapa disebut Blaster? Coz, serangganya punya warna yang belang-belang merah dan hitam. Apa sebenarnya Tomcat itu? Dan apakah benar bahwa Tomcat itu berbahaya?
Tomcat atau Blaster yang memiliki nama ilmiah Paederus Littoralis atau disebut juga dengan Kumbang Rove (Rove Beetle) atau dengan nama lain Semut Semai, Semut Kayap, atau Charlie, adalah kelompok utama dari hewan beruas (Arthropoda) yang merupakan genus kecil dalam keluarga besar kumbang (Staphylinidae)yang termasuk keluarga kumbang pengembara. Dengan lebih dari 46.000 spesies dalam ribuan generasi, kelompok ini adalah keluarga terbesar kedua kumbang setelah Curculionidae (kumbang yang sebenarnya). Dan serangga Tomcat ini juga termasuk dalam kelompok serangga kuno.
Spesies Paederus ini tersebar luas di seluruh dunia. Mereka jauh lebih berwarna cerah daripada kumbang pengembara lainnya. Meskipun kumbang pengembara  dewasa cenderung menghindari cahaya siang hari, spesies Paederus seperti Tomcat ini ternyata juga aktif di siang hari dan akan lebih tertarik pada cahaya terang saat malam tiba.
Paederus atau Tomcat ini akan dapat dengan mudah kita temukan di tempat-tempat lembab seperti kayu-kayu yang sudah mati, galengan sawah, tepi sungai, daerah rawa, dan hutan. Karena disitulah habitat mereka.
Dan jika kita pelajari lebih mendalam, sebenarnya Tomcat ini tidaklah membahayakan seperti pemberitaan di media massa selama ini. Serangga ini justru bersifat pasif pada manusia, namun akan agresif jika diusik dengan kasar.
Tomcat merupakan musuh alami hama-hama pada tanaman padi, jagung, kedelai, kacang-kacangan, sayuran dan sebagainya. Ini karena serangga tersebut merupakan predator alami bersifat polifag yang memangsa hama antara lain hama wereng batang coklat, wereng punggung putih, dan wereng hijau. Dalam sehari Tomcat juga bisa memakan hama  sekitar 3-7 ekor wereng.
Karena manfaatnya terletak pada sisi pertanian, maka Tomcat ini seharusnya dilestarikan karena dapat mengendalikan populasi hama, sehingga tidak meledak dan mengganggu tanaman petani. Bahkan ada juga penemuan baru dalam dunia medis yang menyatakan bahwa cairan paderin dalam tubuh Tomcat dapat berfungsi sebagai anti kanker. Namun masih belum ada penelitian berlanjut mengenai hal tersebut.
Mengenai Tomcat yang dapat menyebabkan luka pada kulit kita, sebenarnya hal ini hanya akan terjadi bila Tomcat diganggu seperti dipukul atau digencet. Maka cairan racun paderin yang ada dalam tubuh Tomcat tersebut akan keluar karena tubuhnya telah pecah.
Oleh sebab itu, issu tentang Tomcat yang berbahaya sebenarnya tidak perlu diresahkan lagi. Jika kita menemukan Tomcat sebaiknya tidak langsung dibunuh, tapi cukup diusir saja dengan cara disentil atau ditiup perlahan sehingga Tomcat terbang sendiri.

(kiena) Dari berbagai sumber.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Ide Abstrak

Tidak peduli apa yang orang katakan padamu, kata dan ide bisa mengubah dunia. (Robbin Williams Dari film Dead Poet's Society) Ngomong-ngomong tentang ide, saya punya dua ide abstrak. Bisa jadi dua ide ini beberapa tahun yang akan datang akan menjadi kenyataan dan akan kita temui di dunia nyata. Dua ide yang mencuat dari pikiran saya itu adalah: 1. Ada alat yang bisa merekam mimpi manusia saat ia tertidur. 2. Ada alat yang bisa memanggil dengan kata kunci tertentu saat kita membaca Koran.  Baiklah, akan saya jelaskan dulu mengapa saya sampai punya dua ide itu. Pertama , saat saya atau kita semua dalam kondisi tidur, ada waktu dimana pikiran kita berada di dunianya sendiri, yakni dunia mimpi. Saat itu kita hidup di dunia kedua kita, alam mimpi. Berbagai macam hal tak terduga dan tak terdefinisi di dunia nyata akan kita temui dalam dunia kedua itu. Bahkan, bentuk-bentuk dan rupa-rupa manusia atau makhluk hidup lainnya tak menutup kemungkinan akan kita temui pula. Ambi

Dakwah Kontekstual di Era Digital

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Berkembangnya globalisasi di dunia ini baik dari segi ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya telah menjadikan kehidupan manusia mengalami alienasi , keterasingan pada diri sendiri atau pada perilaku sendiri, akibat pertemuan budaya-budaya yang tidak sepenuhnya terintegrasi dalam kepribadian umat manusia. Selama masih ada manusia yang hidup di muka bumi ini, selama itu pula lah satu hal yang dinamakan Dakwah itu perlu ada bahkan wajib ada. Karena setiap muslim berkewajiban untuk berdakwah, baik sebagai kelompok maupun individu, sesuai dengan kemampuan masing-masing, dalam segi ilmu, tenaga, dan daya. Dengan derasnya arus globalisasi yang juga menimpa umat islam, pelaksanaan dakwah seperti mengejar layang-layang yang putus. Artinya hasil-hasil yang diperoleh dari dakwah selalu ketinggalan dibanding dengan maraknya kejahatan dan kemaksiatan yang terjadi dalam masyarakat. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah konsep dakwah yang sesuai dengan perkembangan

Mengukir Senja Di Suramadu #Part 2

Lomba Blog "Ide Untuk Suramadu" Mencari Sudut Terindah Deru mesin pesawat Air Asia mulai terdengar bising disertai tangisan seorang anak kecil, yang mengaku telinganya kesakitan. Beberapa kali kursi yang kududuki ikut sedikit berguncang, saat moncong kemudian diikuti badan pesawat mulai menyentuh gumpalan-gumpalan awan putih. Ketinggian pesawat juga mulai menurun perlahan. Dua orang pramugara dan tiga pramugari mulai berdiri dari tempatnya duduk. Mereka mulai menyisir semua tempat duduk penumpang yang ada di sebelah kanan dan kirinya. Sembari terus melempar senyum, mereka berkata ramah, " Bapak, Ibu, penumpang pesawat Air Asia mohon semua alat elektroniknya dinonaktifkan. Dalam waktu lima belas menit lagi kita akan segera melakukan pendaratan. Dan mohon sabuk pengamannya dikenakan kembali. Terima kasih. " *Kurang lebih begitulah kata-kata yang kudengar dari mereka. Tapi jika kurang, ya bisa ditambah-tambah sendiri. Kalau lebih, simpan saja dah ya kelebihan