Langsung ke konten utama

Tentang Pemilik Blog Ini

Satu Nama 3 Arti

Sebelum melanjutkan cerita yang sebentar lagi akan dimulai dan memulai cerita yang sudah pernah terlalui, boleh disimak dulu nih siapa sebenarnya pemilik dari blog ini. Walau terlambat memperkenalkan diri, tapi tak apa lah ya. "Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali". Hehehe. 

Oke dah, siap meluncuuuuur......

Pemilik dari blog ini bernama lengkap Sakinatudh Dhuhuriyah dan baru punya satu gelar, S.Kom.I alias Sarjana Komunikasi Islam. Nama Sakinatudh Dhuhuriyah ini dalam bahasa Arab berarti "ketenangan yang nampak" bisa pula berarti "tenang di waktu dhuhur". Kenapa ada kata "Dhuhur"nya? Ya karena lahirnya pas adzan Dhuhur berkumandang. Hehe.

Kata Sakinatudh ini sebenarnya berasal dari kosa kata bahasa Arab dan beberapa kali disebutkan juga dalam al-Qur'an. Kata itu adalah, 'Sakinah' yang berarti tenang atau tentram. 

Nah, nama panggilan dari Sakinatudh Dhuhuriyah ini beragam. Semenjak kecil, orang tuanya memanggilnya dengan nama Rina. Usut punya usut, nama Rina ini diambil dari nama belakangnya, dari kata DhuhuRIyah kemudian ditarik ke nama depannya, SakiNAtudh. Karena itu, jadilah gadis kecil ini dipanggil Rina. 

Namun, siapa yang tahu kalau ternyata nama Rina ini memiliki arti yang bagus dalam bahasa Jepang. Walau sebenarnya, orang tuanya tak mengerti sama sekali tentang arti sebuah nama panggilan dalam bahasa Jepang. Sebab yang mereka tahu hanya arti nama anaknya dalam bahasa Arab. Nah, dalam bahasa Jepang, arti nama Rina ini sangat bagus, yakni  "jasmine" (莉奈) alias "Bunga Melati". Arti yang sangat bagus, bukan?! :) 

Setelah beranjak dewasa dan mulai hidup terpisah dengan kedua orang tuanya. Gadis ini pun bertemu dengan teman-teman barunya yang berasal dari banyak penjuru negeri. Karena ia sudah mulai berkuliah dan mengenal aktivitas kampus. Ia pun mengenalkan dirinya pada teman-temannya bukan dengan nama Rina. Namun dengan nama Sakinah, yang sudah sangat jelas apa artinya dalam bahasa Arab. Bahkan, banyak orang yang mendengar nama Sakinah ini sudah langsung menyandingkannya dengan dua nama lainnya lagi, yakni Mawaddah wa Rahmah.

Tapi, diantara orang-orang yang berkenalan dengan dirinya, ada pula beberapa orang yang memanggilnya dengan nama Saki. Tak hanya itu, nama Saki ini terkadang digunakan pula olehnya dalam beberapa tulisan dan berita yang dibuatnya. Sebelumnya, ia juga belum pernah tahu arti dari kata Saki dalam namanya itu. Sampai ia mendengarkan sebuah lagu Jepang, yang menyebut kata Saki di dalamnya.

Setelah searching di internet, dengan tujuan untuk menemukan arti dari kata Saki itu, didapatkanlah akhirnya arti dari nama itu. Arti nama Saki dalam bahasa Jepang itu adalah "blossom of hope" (咲希) atau bisa pula berarti "harapan yang mekar".

Hm... dalam satu nama saja bisa terkandung tiga arti di dalamnya. Arti yang berasal dari bahasa Arab dan Jepang. Karena nama itu juga merupakan sebagian dari do'a, semoga pemilik nama ini juga setenang namanya, secantik melati yang terkandung dalam namanya, serta memiliki harapan yang tinggi dan mekar dalam dirinya. ;)  ^__^


  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Ide Abstrak

Tidak peduli apa yang orang katakan padamu, kata dan ide bisa mengubah dunia. (Robbin Williams Dari film Dead Poet's Society) Ngomong-ngomong tentang ide, saya punya dua ide abstrak. Bisa jadi dua ide ini beberapa tahun yang akan datang akan menjadi kenyataan dan akan kita temui di dunia nyata. Dua ide yang mencuat dari pikiran saya itu adalah: 1. Ada alat yang bisa merekam mimpi manusia saat ia tertidur. 2. Ada alat yang bisa memanggil dengan kata kunci tertentu saat kita membaca Koran.  Baiklah, akan saya jelaskan dulu mengapa saya sampai punya dua ide itu. Pertama , saat saya atau kita semua dalam kondisi tidur, ada waktu dimana pikiran kita berada di dunianya sendiri, yakni dunia mimpi. Saat itu kita hidup di dunia kedua kita, alam mimpi. Berbagai macam hal tak terduga dan tak terdefinisi di dunia nyata akan kita temui dalam dunia kedua itu. Bahkan, bentuk-bentuk dan rupa-rupa manusia atau makhluk hidup lainnya tak menutup kemungkinan akan kita temui pula. Ambi

Dakwah Kontekstual di Era Digital

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Berkembangnya globalisasi di dunia ini baik dari segi ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya telah menjadikan kehidupan manusia mengalami alienasi , keterasingan pada diri sendiri atau pada perilaku sendiri, akibat pertemuan budaya-budaya yang tidak sepenuhnya terintegrasi dalam kepribadian umat manusia. Selama masih ada manusia yang hidup di muka bumi ini, selama itu pula lah satu hal yang dinamakan Dakwah itu perlu ada bahkan wajib ada. Karena setiap muslim berkewajiban untuk berdakwah, baik sebagai kelompok maupun individu, sesuai dengan kemampuan masing-masing, dalam segi ilmu, tenaga, dan daya. Dengan derasnya arus globalisasi yang juga menimpa umat islam, pelaksanaan dakwah seperti mengejar layang-layang yang putus. Artinya hasil-hasil yang diperoleh dari dakwah selalu ketinggalan dibanding dengan maraknya kejahatan dan kemaksiatan yang terjadi dalam masyarakat. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah konsep dakwah yang sesuai dengan perkembangan

Mengukir Senja Di Suramadu #Part 2

Lomba Blog "Ide Untuk Suramadu" Mencari Sudut Terindah Deru mesin pesawat Air Asia mulai terdengar bising disertai tangisan seorang anak kecil, yang mengaku telinganya kesakitan. Beberapa kali kursi yang kududuki ikut sedikit berguncang, saat moncong kemudian diikuti badan pesawat mulai menyentuh gumpalan-gumpalan awan putih. Ketinggian pesawat juga mulai menurun perlahan. Dua orang pramugara dan tiga pramugari mulai berdiri dari tempatnya duduk. Mereka mulai menyisir semua tempat duduk penumpang yang ada di sebelah kanan dan kirinya. Sembari terus melempar senyum, mereka berkata ramah, " Bapak, Ibu, penumpang pesawat Air Asia mohon semua alat elektroniknya dinonaktifkan. Dalam waktu lima belas menit lagi kita akan segera melakukan pendaratan. Dan mohon sabuk pengamannya dikenakan kembali. Terima kasih. " *Kurang lebih begitulah kata-kata yang kudengar dari mereka. Tapi jika kurang, ya bisa ditambah-tambah sendiri. Kalau lebih, simpan saja dah ya kelebihan